PERSIPA PATI


PERSIPA (singkatan dari Persatuan Sepak Bola Pati) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Pati. Persipa Pati didirikan pada tanggal 19 April 1951 dan mempunyai julukan "Laskar Saridin". Saat ini, Persipa berlaga di Liga 3 dan ber-homebase di Stadion Joyo Kusumo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Sejak hadir di dunia sepakbola nasional, Persipa Pati telah menjadi ikon dari warga Pati. Prestasi tertinggi yang pernah diraih Persipa Pati selama berkompetisi di Indonesia, adalah berlaga di Divisi 1 Liga Indonesia (2014). Kelompok suporter mereka dipanggil Patifosi (Pati Tifosi)

Julukan Persipa pati adalah kebo ladoh dan laskar saridin, Kebo Landoh adalah kerbau milik Saridin, dan kerbau tersebut mempunyai kehebatan, yaitu kulitnya tidak mampu ditembus pedang. Oleh karena itu, Persipa Pati diberi julukan Lembu Pragola, dengan harapan Persipa Pati bisa menjadi tim yang tidak mudah dibobol, tetapi mudah membobol gawang lawan.Dan Saridin adalah tokoh daerah Kabupaten Pati yang sangat disegani, oleh karena itu Persipa Pati diberi julukan Laskar Saridin supaya Persipa Pati disegani oleh orang banyak layaknya Mbah Saridin.

Warna Jersey Persipa Pati adalah Merah,Persipa Pati mengikuti jejak Persija dan Persema, karena Persija Jakarta dahulunya berjersey warna Merah tetapi karena tidak cocok dengan kebudayaan Betawi maka diganti dengan warna Orange. Begitu juga Persema Malang yang mengubah warna jersey utamanya dari Merah menjadi Biru Muda.
Persipa Pati pun ingin mengganti warna Merah yang tidak cocok dengan kebudayaan Kabupaten Pati yang berjuluk Mina Tani. Oleh karena itu warna "Biru Muda" dipilih untuk menggantikan warna merah pada jersey Persipa Pati karena warna biru melambangkan "air" yang sangat dibutuhkan persawahan Pati sebagai Bumi Mina Tani, juga melambangkan Pati sebagai Kota Pensiunan yang tenang karena sifat air yang sejuk dan tenang.
Namun di tahun 2015, Persipa Pati kembali menggunakan jersey berwarna merah untuk berkompetisi di Liga Nusantara. Sampai sekarang untuk mengarungi kompetisi Liga 3, Persipa Pati masih menggunakan jersey home atau kandang mereka dominan warna merah. (di kutip dari id.wikipedia.org )

Belum ada Komentar untuk "PERSIPA PATI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel